Artikel

RENDAM KAKI DENGAN AIR GARAM,  LIHATLAH YANG TERJADI ?

RENDAM KAKI KE DALAM AIR GARAM

Tanpa disadari tubuh manusia setiap hari terkena paparan racun, baik itu melalui udara yang dihirup maupun melalui makanan dan minuman. Tubuh kita terkontaminasi racun tanpa kita sadari.

Tapi sukurlah karena tubuh memiliki mekanisme tersendiri untuk mengeluarkan racun tersebut dari dalam tubuh. Ini yang membuat kita tetap sehat dan baik-baik saja selama ini.

Tetapi tubuh memiliki batasan, jika batasan tersebut terlampaui maka fungsinya akan terganggu dan tidak dapat lagi mengeluarkan racun-racun tersebut. Pada saat itu terjadi, kita mulai sakit-sakitan dan gampang lelah.

Akumulasi racun bertahun-tahun akan menghambat kelancaran peredaran darah dan memacu semua organ tubuh bekerja lebih keras hingga terjadi ketidakseimbangan tubuh sehingga muncul penyakit serius seperti: diabetes, darah tinggi, kanker, gangguan hati, stroke dan lainnya.

Merendam kaki dengan air hangat yang dicampur garam? Wah, belum pernah coba, nih. Ternyata merendam kaki dalam air hangat dicampur garam selain membuat kita jadi rileks juga bisa membersihkan kuman yang bersarang di telapak kaki.

RENDAM KAKI KE DALAM AIR GARAM
RENDAM KAKI KE DALAM AIR GARAM

Berikut beberapa manfaat rendam kaki dengan air garam :

 

  • Merefleksikan kaki

Manfaat refleksi kaki juga memang dipercaya dapat menghilangkan pegal-pegal, keran dan kesemutan. Dengan pencampurannya pada garam akan memberikan efek yang berbeda dan bercampur khasiat dari garam tersebut.

  • Untuk Menghilangkan Bau Kaki

Saat kita melepas sepatu, ada bau yang tidak sedap menguar ke udara. Ternyata bau tersebut berasal dari kaki kita. Keadaan ini sangat mengganggu, apalagi ketika berada di tempat umum. Orang di dekat kita bisa terganggu juga dengan bau itu. Jika mengalami masalah ini, resep merendam kaki dengan air hangat garam dapat dicoba.

  • Mengatasi Kulit Kaki Pecah-Pecah dan Kasar

Merendam kaki dalam air hangat plus garam dapat mengangkat kulit mati. Sehingga berefek pada kulit kaki yang segar. Utuk kaki pecah-pecah dan kasar, atasi dengan terapi ini. Akan tetapi sebagai tambahan gunakan juga minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun yang terkandung didalamnya dapat menghaluskan kulit sehingga kulit terhindar dari pecah-pecah dan kulit kasar.

  • Mengatasi Flu, Meriang, dan Batuk

Tiga penyakit tersebut dapat diatasi dengan merendam kaki di air hangat campur garam. Keringat yang dihasilkan saat proses perendaman membuat tubuh jadi segar dan sakit berkurang.

  • Melegakan Tenggorokan

Selain flu, rendam kaki dengan air hangat garam juga bermanfaat sebagai pelega tenggorokan.

  • Untuk Relaksasi

Ini yang sudah pasti. Baik berendam di air hangat atau air hangat garam memiliki efek serupa. Untuk hal serupa, manfaat yoga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih santai, yang baik untuk kesehatan juga kecantikan lebih terpancar.

  • Sirkulasi Darah Jadi Lancar

Air hangat yang dicampur dengan garam pun bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah. Tak hanya air hangat garam, tetapi juga air hangat biasa. Jangan lupa konsumsi juga umbi dewa, karena manfaat umbi dewa juga baik untuk melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh hingga ke otak.

  • Menghilangkan Kuman dan Bakteri yang Bersarang di Kaki

Segala macam kuman dan bakteri penyebab kaki bau, kaki kasar, dapat diatasi dengan merendam kaki menggunakan air hangat yang diberi garam.

Manfaat Garam

 

  • Mandi Air Garam

Setelah seharian beraktivitas, badan akan terasa lelah. Cobalah mandi dengan air hangat plus garam untuk membuat otot yang kaku jadi lemas lagi, melancarkan peredaran darah, relaksasi, mengatasi badan pegal, bau badan, kulit gatal/iritasi, dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

  • Berkumur dengan Air Garam

Anda mengalami bau mulut, sakit gigi, atau sakit tenggorokan? Berkumurlah dengan air garam. Untuk sakit gigi, air garam dapat mengurangi sakitnya sementara saja, jadi tetap perlu ke dokter gigi apabila tak kunjung sembuh.

  • Scrub untuk Wajah

Untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit jadi sehat dan halus, dapat menggunakan scrub yang terbuat dari minyak zaitun atau minyak wijen sebanyak setengah cangkir yang dicampur dengan garam sebanyak seperempat cangkir.

Ritual Merendam Kaki

 

Berikut langkah-langkah merendam kaki untuk mengembalikan kondisinya supaya tetap segar dan cantik:

  • Menyiapkan air hangat yang dicampur garam secukupnya ke dalam ember/baskom;
  • Berikan bunga mawar atau bunga lain yang memberi efek wangi pada kaki;
  • Berendam kira-kira selama sepuluh menit untuk menghilangkan bakteri di kaki;
  • Tumit bisa dibersihkan dengan cara digosok pakai sikat khusus;
  • Bilas kembali menggunakan air hangat biasa, lalu keringkan dengan lap atau handuk;
  • Pijatan lembut di telapak kaki setelah kering, bisa membantu memperlancar peredaran darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *