ANAK

Penyakit Epilepsi pada Anak

Penyakit Epilepsi pada Anak

Anak-anak dengan epilepsi dapat mengatasi hal ini dalam beberapa tahun. Sebelum itu, banyak anak-anak yang mampu menghentikan kejang dengan mengkonsumsi obat-obatan. Seorang anak epilepsi akan baik bila diberikan banyak kegiatan.

Komplikasi Epilepsi

Epilepsi pada Anak – Cara terbaik untuk menghindari komplikasi adalah untuk menemukan pengobatan yang membantu pasien. Kebanyakan orang dengan epilepsi hidup lama dan jarang cedera selama kejang mereka. Seseorang yang cenderung jatuh selama kejang mungkin perlu helm khusus untuk melindungi kepalanya. Beberapa jenis kejang dapat meningkatkan risiko kematian karena sifat kejangnya, tetapi hal ini jarang terjadi.

Penyakit Epilepsi pada Anak
Penyakit Epilepsi pada Anak

Tindakan Keselamatan untuk Epilepsi 

Karena kejang sering menyerang tanpa peringatan, kegiatan tertentu bisa berbahaya. Kehilangan kesadaran saat berenang atau bahkan mandi bisa mengancam jiwa. Hal yang sama berlaku bagi banyak olahraga ekstrim, seperti mendaki gunung. Kebanyakan negara mengharuskan seseorang untuk menjadi bebas kejang selama waktu tertentu sebelum mengendarai mobil.

Pengobatan: Obat

Obat anti-kejang adalah pengobatan yang paling umum untuk epilepsi. Jika obat tidak berhasil, dokter mungkin menyesuaikan dosis atau beralih ke obat yang berbeda. Sekitar dua-pertiga dari orang-orang dengan epilepsi menjadi bebas kejang dengan mengkonsumsi obat yang diresepkan, dan jika sudah bebas kejang selama 1 – 2 tahun, maka dokter akan menurunkan dosisnya sedikit demi sedikit sampai akhirnya putus obat dan tidak lagi tergantung obat untuk berada dalam kondisi “bebas kejang”.

Pertolongan Pertama untuk Kejang

Jika Anda melihat seseorang mengalami kejang, lakukan langkah berikut:

  • Berapa lama berlangsung.
  • Bersihkan area dari benda apa pun yang keras atau tajam.
  • Kendurkan apa-apa yang mengikat di leher yang dapat mempengaruhi pernapasan.
  • Putar orang ke salah satu sisi nya.
  • Letakkan sesuatu yang lembut di bawah kepala.
  • Jangan menempatkan sesuatu di dalam mulut.

Hubungi pihak medis jika kejang berlangsung lebih dari 5 menit, atau terjadi lagi secara berulang, atau orang tersebut sedang hamil, mengalami cedera, atau diketahui mengalami diabetes.

Pengobatan untuk Status Kejang

Kejang yang tahan lama atau berulang mungkin merupakan kondisi yang disebut status epileptikus. Hal ini dapat memiliki komplikasi serius dan membutuhkan perawatan darurat. Untuk membawa kejang berakhir dengan cepat, rumah sakit sering memberikan intravena, bersama dengan oksigen.

Orang-orang dengan epilepsi dapat menikmati hidup normal penuh, hidup aktif. Kebanyakan dapat hidup bebas kejang dengan mengkonsumsi obat sesuai jadwal. Untuk sisanya, ada banyak sumber daya untuk mengatasi kejang tak terkendali. Seorang spesialis dapat membantu menciptakan strategi untuk mengurangi dampak epilepsi. RS Kariadi Semarang menjadi pusat rujukan operasi untuk epilepsi dan menjadi penelitian menahun para tim Bedah Sarafi di sana dengan studi ke beberapa negara tentunya seperti Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *