IBU HAMIL & JANIN

Menjaga Kesehatan Ibu Dan Janin – PANTANGAN IBU HAMIL MUDA

Berbicara tentang kehamilan, tak lengkap rasanya jika kita tak membahas perihal “pantangan ibu hamil”. Ibu hamil muda dianggap berada dalam kondisi rawan karena berbagai perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Pada trimester pertama kehamilan, ada banyak pantangan ibu hamil muda yang sebaiknya tidak diabaikan demi menjaga kesehatan ibu dan janin.

Berikut ini adalah beberapa pantangan ibu hamil muda yang harus dipertimbangkan.

  • Suara yang terlalu keras.

Maksudnya ¡bu yang sedang hamil , ada baiknya menghindari untuk mendengar suara yang terlalu keras, atau saura bising. Hal ini dikarenakan akan membuat fisik si ibu menjadi stress terutama suara hingar bingar pesta, dan suara bising lainnya. Hal ini bisa berpengaruh pada pendengaran si bayi terutama pada kehamilan tri-smester pertama

  • Pantangan ¡bu hamil usia muda yang kedua Kegiatan bersepeda.

Bersepeda memang bisa membuat tubuh anda semakin bugar terutama jika dilakukan setiap pagi han. Namun, hal ini memiliki resiko yang cukup besar terutama bagi ibu yang memasuki masa trismester kedua. Semakin besar perut ibu hamil, resiko keguguran akan semakin besar. Cobalah aktivitas lain yang resikonya lebih minimal bahkan tidak ada sama sekali.

  • Kegiatan sauna.

Walaupun sebenarnya kegiatan ini bisa membantu memperbaiki kondisi mental si ibu, yaitu mampu membuat si ibu tenang, tidak stress dIl. Namun, suhu yang terlalu hangat atau panas bisa mengganggu perkembangan janin, terutama perkembangan otak janin bisa terganggu, pilihlah alternative aktivitas lainnya. Untuk itu sauna adalah salah satu kegiatan yang dilarang saat sedang hamil.

PANTANGAN IBU HAMIL MUDA
PANTANGAN IBU HAMIL MUDA
  • Merokok dan Mengonsumsi Minuman Keras

Risiko bayi lahir prematur, keguguran, hambatan pertumbuhan janin, dan gangguan plasenta akan meningkat pada wanita perokok. Meski tidak merokok, sebaiknya hindari diri dari paparan asap rokok, Asap rokok yang terhirup ibu hamil meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan di bawah normal. Selain itu, Hindari minuman keras karena dapat meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

  • Mengonsumsi Sembarang Obat

Obat bebas yang biasa dikonsumsi saat tidak hamil dapat menjadi berbahaya jika dikonsumsi saat hamil. Periksakan obat yang akan dikonsumsi agar tidak membahayakan janin.

  • Membiarkan Diri Dikuasai oleh Fluktuasi Emosi

Hamil muda, terutama jika ini merupakan kehamilan pertama, membuat wanita sering merasa emosional. Begitu juga jika Anda pernah mengalami keguguran. Meski begitu, jangan sampai perubahan mood yang tiba-tiba terus menguasai dan membuat Anda merasa tertekan. Rawat diri dan minta bantuan suami atau kerabat untuk membantu memenuhi kebutuhan yang tidak sanggup Anda penuhi sendiri.

  • Selain itu, ibu hamil muda juga dilarang untuk meminum teh dan juga kopi secara berlebihan.
  • Pantangan terakhir yaitu seorang ibu haniiL muda dilarang meniakan nanas. Nanas dipercaya sebagai makanan yang dapat menggugurkan kandungan.

Itulah yang dapat disampaikan mengenai pantangan-pantangan yang ditarang untuk thu harnit muda, dan harus Anda cemiati dengan baik. Semoga sedikit ulasan mengenai pantangan ibu hamil muda ini dapat bemanfaat bagi Anda semua, terutama bagi ibu yang sedang hamil muda.

 

One thought on “Menjaga Kesehatan Ibu Dan Janin – PANTANGAN IBU HAMIL MUDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *