Artikel

Mengobati Luka Bakar

Mengobati Luka Bakar

Pertolongan pertama bisa dilakukan untuk mengobati luka bakar ringan. Hal ini dilakukan agar kerusakan kulit yang terjadi tidak bertambah. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan:

  • Mendinginkan luka dengan air biasa selama 20-30 menit; jangan menggunakan es atau air dingin.
  • Menyingkirkan pakaian atau aksesoris yang menutupi luka bakar.
  • Membersihkan dan menutup luka bakar dengan plastik bening yang bersih atau perban.
  • Mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti parasetamol.
  • Jauhkan luka bakar dari paparan sinar matahari langsung.

Jika terjadi melepuh pada kulit akibat luka bakar, hindari upaya untuk memecahnya sendiri karena berisiko membuat luka terinfeksi.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menangani luka bakar sebagai pertolongan pertama.

  • Langkah pertama adalah mendinginkan luka bakar yang terjadi dengan air biasa kira-kira selama 20-30 menit. Pastikan tidak memakai es, air es, krim, atau bahan yang berminyak untuk mendinginkan luka bakar. Es atau pun air es yang diterapkan secara langsung, bisa membuat luka makin parah.
  • Singkirkan pakaian atau pun aksesoris yang menutupi kulit yang terbakar. Jika pakaian atau pun aksesoris yang ada sudah menempel pada kulit yang terbakar, usahakan untuk tidak mengangkatnya.
  • Pastikan orang yang mengalami luka bakar tetap merasa hangat. Bisa menggunakan selimut untuk menutupi tubuhnya, tapi jangan sampai menggores bagian kulit yang mengalami luka bakar. Luka bakar bisa ditutupi dengan plastik atau perban steril.
  • Dan terakhir, penderita disarankan untuk minum obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen jika sakit mengganggu atau terasa tidak tertahankan. Bacalah petunjuk dan peringatan yang terkandung di bungkus obat sebelum mulai mengonsumsinya.
Mengobati Luka Bakar
Mengobati Luka Bakar

Bayi dan anak kecil sering mengalami luka bakar serius karena kelalaian atau karena mereka bermain dengan peralatan dan perlengkapan rumah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindarkan anak mengalami luka bakar:

  • Ajari anak untuk tidak bermain di wilayah dapur. Banyak peralatan atau bahan yang bisa menimbulkan luka bakar.
  • Usahakan untuk menyetrika di atas meja yang cukup tinggi dan jauh dari jangkauan anak kecil. Jangan lupa untuk segera mematikan setrika setelah memakainya.
  • Simpan korek api atau peralatan yang dapat menghasilkan api jauh dari jangkauan dan penglihatan anak-anak.
  • Jauhkan minuman panas dari anak kecil.
  • Ajari anak untuk tidak dekat-dekat dengan knalpot kendaraan yang panas atau kendaraan yang baru dipakai.
  • Periksa suhu air yang akan dipakai untuk mandi bayi Anda. Gunakan siku Anda untuk memeriksa kehangatan air.
  • Berikan pengertian tentang peralatan dan perlengkapan rumah tangga yang bisa menyebabkan luka bakar pada anak Anda. Terutama perlengkapan yang menggunakan arus listrik.

Cara menghilangkan bekas luka bakar dan cara penggunaanya

  1. Daun Mint

Sediakan daun mint secukupnya, cuci dengan bersih lalu haluskan sampai hancur kemudian olesi ke tangan dan kaki yang banyak bekas lukanya.

  1. Daun Pare

Sediakan beberapa helai daun pare yang masih segar, cuci hingga bersih. tumbuk halus lalu siram dengan air hangat sedikit. Kemudian tambahkan  tepung beras secukupnya dan aduk rata. Lalu oleskan ramuan tersebut pada semua bagian bekas luka bakarnya diamkan sampai kering dan cuci dengan bersih.

  1. Teh Hijau

Sediakan handuk kecil, dan seduh daun teh hijau masukan handuk tersebut kedalam larutan teh hijau, kemudian usapkan ke seluruh anggota badan terutama pada bagian yang banyak bintik-bintik hitamnya.

  1. Mentimun

sediakan beberapa mentimun segar, cuci mentimun dengan bersih,potong kecil-kecil mentimun yang sudah di bersihkan tadi  lalu haluskan dengan alat penghancur seperti blender sampai halus. Kemudian maskerkan ke wajah sepanjang malam di anjurkan lakukan seminggu 4 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian 4 cara cepat mengobati luka bakar secara alami, semoga tips membantu dalam penanganan tepat terkena luka bakar.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *