Artikel

Manfaat Okra Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Okra untuk Kesehatan
  1. KESEHATAN PENCERNAAN

Okra mengandung serat larut yang membantu menjaga saluran usus yang sehat dengan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker kolorektal. Selain itu, serat pada okra juga mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti kembung, kram, sembelit, diare dan kelebihan gas.

  1. MEMBANTU MENGOBATI ANEMIA

Seseorang yang menderita anemia dapat memperoleh manfaat dari okra dengan cara di jus. Jus okra dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah yang membantu mengobati anemia. Jus okra banyak mengandung vitamin-A, vitamin-C, magnesium, zat besi, dan mineral lainnya yang membantu memproduksi lebih banyak sel darah merah.

  1. KESEHATAN KULIT

Vitamin A pada okra juga dapat melindungi kesehatan kulit dengan melakukan penyembuhan luka lebih cepat, mengurangi munculnya bekas luka dan jerawat, dan menghilangkan keriput pada kulit sehingga dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit.

Manfaat Okra untuk Kesehatan
Manfaat Okra untuk Kesehatan
  1. KESEHATAN MATA

Okra mengandung vitamin A yang sangat tinggi, beta-karoten, xanthein, dan lutein yang dapat menetralisir radikal bebas. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk melindungi mata dari risiko penyakit degenerasi makula dan katarak.

  1. MENJAGA TEKANAN DARAH DAN KESEHATAN JANTUNG

Okra merupakan sumber vitamin dan mineral termasuk potasium yang merupakan aspek penting bagi kesehatan manusia. Potasium akan membantu mengendurkan pembuluh darah dan arteri yang akan mengurangi tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular, seperti serangan jantung. Kandungan kalium pada okra juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh. Dengan demikian, okra dapat menjadi salah satu makanan pilihan untuk kesehatan kardiovaskular.

  1. SISTEM KEKEBALAN

Berbagai komponen antioksidan dari okra membuatnya sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Disamping itu, tingginya kandungan vitamin C juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat sel-sel darah putih, sehingga dapat memerangi patogen asing dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

  1. KESEHATAN TULANG

Okra juga membantu memperkuat tulang dikarenakan adanya folat yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan kepadatan tulang dan dapat mencegah osteoporosis.

  1. MENGOBATI RADANG TENGGOROKAN DAN BATUK

Okra juga banyak digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk yang parah dikarenakan sifat antibakteri dan antiseptik pada okra. Seseorang yang menderita sakit tenggorokan dan batuk dapat mengkonsumsi jus okra secara rutin untuk menguransi rasa tidak nyaman akibat radang dan batuk.

  1. MENURUNKAN TINGKAT KOLESTEROL

Okra merupakan tanaman yang banyak mengandung serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini berarti bahwa Anda dapat menambahkan okra ke dalam daftar makanan penurun kolesterol. Okra mengikat kelebihan kolesterol dan racun dalam asam empedu, sehingga dapat mencegah banyak masalah kesehatan.

  1. MEMBANTU MENGOBATI DIABETES

Manfaat okra untuk diabetes. Okra mengandung insulin yang bermanfaat untuk pengobatan diabetes. Jus okra dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga apabila mengkonsumsi jus okra secara teratur Anda dapat mengendalikan diabetes.

Okra, yang berasal dari benua Afrika, dibudidayakan di daerah beriklim tropis dan hangat. Terlihat mirip dengan oyong, okra juga berwarna hijau, bertekstur lebih keras dan bila dimasak akan mengeluarkan lendir.

Okra salah satu sumber gizi yang sangat baik, antara lain mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin A, vitamin K, dan asam folat.

Sayuran berbiji ini juga unggul seratnya, yang tentunya bermanfaat membantu pencernaan, menstabilkan gula darah serta membantu mengontrol tingkat penyerapan gula.

Ringkasan Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan

  • Mencegah diabetes Kesehatan usus dan mencegah kanker usus besar
  • Pengelolaan berat badan
  • Mendukung kehamilan yang sehat
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas
  • Masalah pernapasan seperti asma dan batuk.
  • Mendukung kesehatan mata
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mencegah Sembelit

Efek Samping Mengkonsumsi Okra

Tingginya kandungan oksalat pada okra dapat menyebabkan kondisi ginjal dan batu empedu memburuk. Kemudian, menggoreng okra juga dapat meningkatkan kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan, sehingga dianjurkan untuk mempertimbangkan cara memasak okra agar aman dikonsumsi.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa okra hijau memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat okra hijau untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *