Artikel

Manfaat Lada Hitam Dan Efek Sampingnya

Manfaat Lada Hitam

Berikut Manfaat Lada Hitam

  • Obat pilek

lada hitam adalah obat alami yang sangat efektif untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Rasa hangat dan pedas lada hitam juga membantu melonggarkan dahak dan merlonggarkan hidung tersumbat . Coba taburkan lada hitam pada sup panas. Ini akan segera melonggarkan dahak dan membantu Anda bernapas lebih mudah.

  • Lada hitam dapat mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan Cancer Center , lada hitam ditemukan dapat mencegah perkembangan sel kanker payudara. Lebih lanjut dikatakan jika lada hitam dikombinasikan dengan kunyit, maka sifat antikankernya yang semakin tinggi. Menambahkan bubuk merica pada makanan akan lebih baik untuk menuai khasiatnya, daripada menuangkan saat memasak makanan.

  • Membantu menurunkan berat badan

Untuk penurunan berat badan yang efektif, hanya taburi merica atas makanan. Namun jangan makan terlalu banyak.

  • Dapat mencerahkan kulit

Apa hubungannya lada dengan kulit?,,,,,selain dapat membantu keringat dan mengeluarkan semua racun dari kulit Anda , lada hitam juga bertindak sebagai exfoliant yang baik. Lada hitam yang dilembutkan dan ditambahkan ke scrub wajah dapat membantu mengelupaskan kulit mati, merangsang sirkulasi dan membantu memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit . Sifat Antibakteri dan anti inflamasi juga membantu menjaga kulit terhindar dari infeksi kulit seperti bisul dan jerawat .

  • Mengurangi Depresi

Lada hitam dapat membantu nutrisi tubuh agar lebih efisien, hal ini disebabkan lada hitam dikenal memiliki sifat yang membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan. The Journal of Food and Chemical Toxicology melaporkan bahwa piperin senyawa dalam lada hitam dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan membantu menurunkan depresi. Menambahkannya ke dalam makanan harian atau sebagai bumbu dalam bentuk apapun, akan dapat membantu menjadi lebih lebih pintar dan kurang tertekan. Selain itu saat ingin membumbui makanan gunakan lada. Ini tidak hanya akan menambah rasa, namun juga memiliki potensi untuk membuat lebih bahagia.

Efek Samping Lada Hitam

Manfaat Lada Hitam
Manfaat Lada Hitam
  1. Dapat membuat sensasi terbakar didalam perut juga pada kulit luar dan mata

Karena lada bersifat panas, maka harus membatasi penggunaannya. Dalam beberapa kasus terlalu sering menggunakan lada hitam dapat menyebabkan terbakar parah di perut. Namun sensasi terbakar bersifat sementara. Selain pada perut lada juga menciptakan sensasi terbakar pada kulit dan mata. Hindari menggunakan lada langsung pada kulit jika masuk ke mata hal itu dapat menyebabkan panas dan kemerahan, baik pada kulit dan mata.

  1. Dapat menyebabkan kematian

Namun kasus ini adalah salah satu yang paling langka dari kasus yang jarang terjadi. Tetapi jika lada dikonsumsi langsung, bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak. Sehingga disarankan untuk makan lada hitam dengan mencampurnya dengan makanan.

  1. Lada kontraindikasi dengan obat tertentu

Pasien yang memakai siklosporin A, kolinergik, digoxin, dan sitokrom P450 harus menghindari dalam mengkonsumsi lada hitam.

  1. Dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal pada orang yang sakit pencernaan

Lada hitam dapat mengganggu perut atau menyebabkan masalah pencernaan. Jadi, pasien yang menderita gangguan pencernaan harus menghindari lada hitam.

  1. Lada dapat menyebabkan iritasi

Dalam beberapa kasus asupan lada hitam dapat menyebabkan iritasi kulit dengan gejala seperti gatal-gatal, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

  1. Lada dapat membuat kesulitan selama kehamilan dan menyusui

Jika sedang hamil, tubuh akan sensitif terhadap rempah-rempah. Jadi jika merasa ketagihan rasa, dapat ditambahkan kedalam hidangan favorit akan tetapi dalam jumlah minimal. Karena rasa panas dan pedas dari lada dapat ditransfer ke dalam ASI.

  1. Lada dapat meningkatkan tingkat kekeringan pada kulit

Lada hitam sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar karena dapat mengeringkan kulit. Jika memiliki kulit kering, terlalu banyak lada hitam ini tentunya akan menambahnya. Jadi batasi konsumsi lada.

  1. Jangan banyak dikonsumsi saat musim panas

Saat musim panas yang panas, jangan menambahkan lada terlalu banyak karena dapat meningkatkan panas tubuh dan bahkan bisa menyebabkan hidung berdarah. Jadi menghindari lada dahulu selama bulan-bulan musim panas.

Manfaat lada hitam bagi kesehatan sangat besar sekali namun harap dikonsumsi secara wajar, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *