Artikel

Khasiat Tumbuhan Putri Malu

Putri malu merupakan tanaman liar yang sering kita jumpai biasanya ada di pinggir-pinggir jalan perdesaan. Tumbuhan ini memiliki daya sensitifitas yang cukup tinggi. Sebagai reaksi sensitifnya, ketika daunnya disentuh maka akan cepat menutup dengan sendirinya. Daun-daun putri malu menutup dengan cepat dan tampak layu ketika disentuh, namun menutupnya daun tidak berlangsung lama hanya beberapa menit saja.

Beberapa khasiat tumbuhan putri malu :

  • Berkhasiat untuk obat batuk berdahak,

Caranya : Rebuslah 10 sampai 15 gram akar tumbuhan putri malu, kemudian diminum.

  • Untuk mengatasi gangguan Insomnia (susah tidur)

Caranya : Rebuslah 30 sampai 60 gram daun putri malu, kemudian diminum.

  • Berkhasiat untuk mengobati Bronchitis Kronis

Caranya : rebuslah 60 gram dengan air sebanyak 600cc, direbus dengan api kecil biarkan hingga airnya tersisa kurang lebih 200cc, dan minumlah airnya dua kali bisa pagi dan sore.

  • Berkhasiat untuk penyakit Herpes

Caranya : ambil dan cuci daun putri malu secukupnya, rebus dengan air menggunakan panci stainless hingga mendidih, kemudian gunakan rebusan air tersebut untuk mandi dan basuhkan bagian-bagian tubuh yang terserang virus.

Khasiat Tumbuhan Putri Malu
Khasiat Tumbuhan Putri Malu
  • Hepatitis¬†

Caranya : Rebusan putri malu sudah diuji dapat mencegah & dapat mengobati hipetitis. Caranya dgn merebus putri malu jumlahnya 10 gr dgn air 200 cc hingga mendidih selagi 15 menit. Hasil rebusan diminum teratur.

  • Rematik¬†

Caranya : 15 gr akar Mimosa pudica direndam dalam arak putih 500 cc tatkala 2 pekan. Seterusnya ditempelkan ditempat yang sakit.

Tidak Hanya khasiat tersebut, putri malu serta berkhasiat buat mengatasi penyakit yang lain. Akar & bijinya berkhasiat buat merangsang muntah. Bahkan para ahli pengobatan Cina & serta penelitian AS pun indonesi mengindikasikan bawah tanaman putri malu dapat mengobati bermacam macam macam penyakit antara lain radang mata akut, kencing batu, panas tinggi terhadap anak-anak, Faktor ini karena putri malu mengandung sifat kimiawi & dampak farmakologismanis, astrigen, aga dingin. Penenang (tranquiliser), sedative, peluruh dahak (expectorant), anti batuk (antitussive), penurun panas (antipiretic), anti radang (antiinflammatory), peluruh air seni (diuretic).

PERINGATAN : Tanaman ini barbahaya bagi ibu hamil. Ibu hamil tak boleh mengkonsumsi tanaman ini lantaran mampu mengakibatkan kematian terhadap janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *