IBU HAMIL & JANIN

Daftar Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil. Nomor 3 Paling Ampuh !

Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil

Terdapat banyak sekali obat sakit kepala yang dijual bebas di apotik atau supermarket atau bahkan di warung dekat rumah. Namun, dari sekian banyak jenis obat yang dapat dipilih, tentunya ibu hamil kadang bingung apakah obat tersebut aman bagi janin yang sedang dikandungnya. Ya, ibu hamil memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat apapun pada saat hamil tanpa adanya persetujuan dari dokter atau bidan yang merawatnya. Maka, di bawah ini kami memilihkan beberapa obat sakit kepala untuk ibu hamil yang aman bagi ibu serta janin yang sedang dikandungnya.

  1. Akupunktur

Obat sakit kepala untuk ibu hamil yang dapat ibu pilih adalah akupunktur. Teknik penyembuhan dengan tusuk jarum ini terbukti aman bagi ibu hamil serta janin dalam kandungannya. Anda dapat menanyakan kepada dokter kandungan atau dokter lainnya mengenai ahli akupunktur medis yang dapat membantu meredakan sakit kepala Anda. Karena tidak memberikan efek samping, akupunktur dapat Anda jadikan alternatif pertama sebagai obat sakit kepala untuk ibu hamil.

  1. Obat Apotik

Bila Anda termasuk seseorang yang sering mengalami sakit kepala sebelum hamil, umumnya Anda memiliki jenis obat favorit yang dapat dibeli bebas untuk menghilangkan gejala sakit kepala yang Anda derita. Sayangnya, menginjak masa kehamilan, Anda tidak yakin apakah obat yang biasa Anda konsumsi aman bagi janin Anda. Di antara semua obat penahan nyeri, hanya obat parasetamol yang diakui keamanannya bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Hindari dan jangan makan obat dengan kandungan ibu profen, aspirin, natrium dikofenak dan obat lainnya. Bila membeli parasetamol, jangan membeli obat kombinasi, atau obat yang mengandung parasetamol dan zat aktif lainnya. Belilah obat yang hanya mengandung parasetamol. [Baca Juga: PANTANGAN IBU HAMIL MUDA]

Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil
Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil
  1. Istirahat dan Relaksasi

Kurang istirahat dapat mencetuskan terjadinya sakit kepala. Usahakan Anda mendapat waktu tidur, waktu bersantai dan relaksasi yang cukup dalam seharinya. Anda pun dapat mencoba berbagai metode reaksasi seperti pijat di bahu , leher atau kaki Anda. Aromaterapi juga dapat menjadi obat sakit kepala untuk ibu hamil. Cara paling mudahnya, teteskan 2 tetes minyak lavender atau peppermint ke selembar tissue, lalu hirup aromanya. Atau oleskan minyak tersebut ke pelipis kepala Anda. Namun penggunaan minyak lavender pada kehamilan harus diwaspadai, jangan meneteskan lebih dari 3 tetes dan jangan dilakukan setiap hari.

  1. Kompres

Obat sakit kepala untuk ibu hamil lain yang harus Anda coba adalah meletakkan kompres pada kepala Anda. Ada dua macam kompres yang dapat Anda pakai, yaitu kompres hangat dan dingin. Kompres hangat terutama baik untuk sakit kepala yang terasa seperti ditekan atau diperas. Sedangkan kompres dingin terutama baik untuk migraine. Taruh kompres di kepala atau di leher belakang Anda, dapat pula di pipi kiri atau kanan, kepala bagian samping dan mata. Anda juga dapat bereksperimen dengan kompres yang Anda gunakan, misalnya menggunakan handuk yang dicelupkan ke air teh hangat atau menggunakan sekantung kacang polong beku.

  1. Mandi Air Dingin

Bila migraine adalah hal yang mengganggu Anda saat hamil, cobalah mandi dengan air yang dingin (bukan dari water heater). Air dengan suhu dingin akan mengecilkan pembuluh darah di kepala Anda yang umumnya merupakan peenyebab sakit migraine. Sedangkan bila sakit kepala yang Anda rasakan seperti menekan atau memeras kepala Anda, cobalah mandi dengan air hangat.

  1. Pola Makan

Karena sakit kepala dapat dicetuskan dari makanan, maka menjaga pola makan agar tetap sehat merupakan hal yang harus Anda lakukan. Pertama, kadar gula darah yang rendah dapat mencetuskan terjadinya sakit kepala, sehingga Anda disarankan makan dalam frekuensi yang sering namun porsi yang kecil. Sedia juga snack sehat untuk mengganjal rasa lapar Anda seperti buah, yogurt atau biskuit gandum. Anda juga harus makan berbagai macan jenis makanan yang sehat untuk ibu hamil, seperti protein, zat besi, mineral seperti magnesium dan kalium serta nutrisi lainnya.

  1. Pola Minum

Sama seperti makanan, minuman yang dikonsumi ibu hamil pun harus dijaga. Pertama, pastikan ibu minum air 8 gelas per hari atau 2 liter per hari untuk mencegah timbulnya sakit kepala. Kedua, kurangi konsumsi kafein saat hamil. Selain berperan sebagai obat sakit kepala untuk ibu hamil, mengurangi konsumsi kafein juga wajib dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan janinnya. Dosis maksimal kafein yang boleh dikonsumsi adalah 2 gelas kopi instan per harinya.

  1. Hindari Pencetus Sakit Kepala

Hal terakhir yang dappat ibu lakukan untuk mengobati dan mencegah sakit kepala adalah ibu harus mengenali apa saja hal yang mencetuskan sakit kepala. Bagi penderita migraine, mengonsumsi makanan tertentu seperti keju, anggur, cokelat dan MSG terbukti dapat mencetuskan sakit kepala. Stress secara psikologis juga dapat mencetuskan sakit kepala. Hal lain yang dapat mencetuskan sakit kepala adalah sinusitis, suara yang terlalu bising, bau-bauan yang terlalu menyengat serta asap rokok.

Cukup banyak variasi dan jenis obat sakit kepala untuk ibu hamil yang dapat Anda lakukan. Anda dapat bebas memilih metode obat sakit kepala untuk ibu hamil yang manakah yang cocok untuk Anda. Ingat untuk tidak mengonsumsi obat apotik sakit kepala lainnya selain yang disarankan di atas, karena dapat menimbulkan komplikasi kehamilan. Jangan lupa mengatur pola makan dan pola minum agar tidak sering terserang episode sakit kepala selama masa kehamilan. [Baca Juga: 3 Makanan Berbahaya Untuk Janin Muda]

Terakhir, cobalah membuat journal sakit kepala, alias catat kapan saja Anda merasa sakit kepala dan catat apa saja yang kira-kira mempengaruhi episode sakit kepala tersebut. Catatan ini dapat Anda gunakan sebagai alat yang membantu Anda melihat hal apa yang sering mencetuskan sakit kepala pada Anda.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *