Cara Menjemur Bayi Yang Benar

Seperti yang kita ketahui bahwa bayi yang baru lahir masih memiliki organ tubuh yang terbilang belum berfungsi secara sempurna. Salah satunya organ dalam bayi yang baru lahir belum memiliki kemampuan untuk mengolah bilirubin secara sempurna sehingga dengan adanya sinar matahari maka hal ini akan sangat membantu. Bahkan sinar matahari berguna untuk mendukung tumbuh kembang bayi secara sempurna.

Sinar matahari pagi kaya akan kandungan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk tulang dalam upaya mendukung penyerapan kalsium secara sempurna. Namun dalam menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi ada beberapa Cara Menjemur Bayi Yang Benar dan aturan yang sebaiknya Anda pahami guna kesehatan bayi. Apa saja?

Cara Menjemur Bayi Yang Benar Dan Aturannya

  • Perhatikan Waktu Yang Tepat

Salah satu hal yang harus Anda ketahui dalam menjemur bayi yang baru lahir yaitu memperhatikan waktu yang tepat. Jemurlah bayi di sinar matahari pagi yaitu pada jam 7 hingga jam 8 pagi dengan rentang waktu antara 15 hingga 20 menit. Jangan menjemur bayi diatas jam 8 pagi karena hal tersebut bisa membahayakan kesehatan bayi. Perlu Anda ketahui bahwa sinar matahari yang sudah panas mengandung ultraviolet yang berisiko terhadap kerusakan kulit.

  • Tidak Menggunakan Pakaian

Ketika menjemur bayi sebaiknya jangan menggunakan pakaian, lepaskan pakaian bayi dan hanya kenakan popok saja. Hal ini supaya sebagian besar tubuh bayi terkena sinar matahari yang begitu hangat. Dengan begitu maka seluruh permukaan tubuh bayi akan terkena sinar matahari yang kaya akan vitamin D.

Cara Menjemur Bayi Yang Benar

Cara Menjemur Bayi Yang Benar

  • Jangan Hanya Dalam Posisi Terlentang

Posisi saat menjemur bayi sebaiknya tidak hanya pada posisi terlentang saja, namun usahakan untuk mengganti posisi sesekali dengan tengkurap sehingga semua bagian tubuh bayi bisa terkena sinar matahari dengan sangat baik. Namun sebaiknya Anda mengawasi secara penuh supaya hal ini tidak berbahaya bagi bayi.

  • Tidak harus di ruang terbuka

Lokasi menjemur bayi tidak harus di udara terbuka dengan paparan sinar matahari langsung. Tempat yang agak terlindungi tetapi tetap dapat diterobos sinar matahari saja sudah memenuhi syarat. Menjemur juga dapat dilakukan di ruangan berkaca bening.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung Ke Bagian Mata

Usahakan supaya paparan sinar matahari tidak langsung ke bagian mata bayi atau ke retina. Hal ini karena paparan sinar matahari langsung akan sangat membahayakan kesehatan mata bayi. Gunakan penutup mata sehingga hal ini akan melindungi mata bayi.

  • Jangan terlalu panas

Meski sudah tepat waktu, tetapi jika matahari bersinar terik, sudahi waktu menjemur. Jika terlalu lama, bayi dapat mengalami hipertermi (peningkatan suhu tubuh). Kondisi hipertermi dapat berisiko gangguan fungsi metabolisme tubuh bayi, otak, atau organ lainnya. Suhu normal bayi antara 36,5-37,5 derajat celcius.

Menjemur bayi yang baru lahir terbilang sebagai salah satu hal yang sangat bagus untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Sinar matahari pagi memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tidak hanya untuk bayi, bahkan untuk orang dewasa pun sinar matahari pagi sangat bagus.

Demikian Cara Menjemur Bayi Yang Benar, sebaiknya Anda perhatikan dalam menjemur bayi. Lakukan kegiatan ini secara rutin teratur karena menjemur bayi juga menjadi salah satu cara menstimulasi tumbuh kembang bayi. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *