Bayi Tumbuh Gigi – Masalah Dan Cara Mengatasinya

Masalah Saat Bayi Tumbuh Gigi

Saat bayi mulai tumbuh gigi, ada beberapa masalah yang akan dialami. Bunda, jangan panik. Yuk, pahami lebih dalam. Pada periode pertumbuhan gigi, bayi akan mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti:

  1. Sebelum gigi pertamanya tumbuh, biasanya bayi akan mengalami demam dengan temperatur rata-rata 38,3 °C. Jika si kecil mengalami demam di atas temperatur tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter untuk melihat apakah deman disebabkan oleh pertumbuhan gigi atau bukan.
  2. Gusi terasa sangat gatal. Hal ini disebabkan oleh proses perubahan permukaan gusi menjadi bengkak atau menonjol. Untuk meredakan gatal pada gusi, berikan sebuah barang yang nyaman untuk digigit, seperti teether atau buah untuk bayi yang sudah lulus ASI (di atas 6 bulan).
  3. Intensitas air liur bertambah pada awal pertumbuhan gigi, dan akan  makin bertambah ketika gigi seri tengahnya mulai tumbuh. Jika ini terjadi, siapkan handuk atau saputangan di dekat bayi agar Anda bisa segera membersihkan liurnya untuk mencegah terjadi iritasi pada kulit bayi.
  4. Akibat tidak nyaman pada gusinya, si kecil seringkali kehilangan nafsu makan, yang lantas memengaruhi kesehatan pencernaannya. Tak jarang dari mereka mengalami masalah pencernaan hingga diare. Ayo, keluarkan bakat Anda untuk membuat kreasi makanan agar napsu makan si kecil kembali meningkat.
  5. Gigi berlubang. Gigi susu juga perlu perawatan serupa gigi orang dewasa. Kotoran, kuman, dan sisa makanan yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan gigi berlubang. Gosok gigi bayi dengan sikat gigi bayi, dua kali sehari. Pilih sikat gigi berpegangan panjang, kepala sikat kecil, ujung sikat gigi bulat, sikat lembut, dan ganti setiap 10-12 minggu sekali atau setiap bentuk sikat sudah tidak baik. Jangan lupa, pilih pasta gigi bebas fluoride dan aman bila tertelan, karena bayi belum bisa meludah.

Cara Mengatasi Masalah Bayi Tumbuh Gigi. Lakukan 5 Hal Ini

 

  1. Supaya anak tetap gembira di tengah masa pertumbuhan giginya, lakukan beberapa hal berikut untuk meredakan rasa sakit anak: Pijat perlahan-lahan gusi tempat gigi pertamanya mulai terlihat tumbuh selama beberapa menit. Lakukan dengan menggunakan kain bersih dan lembut, yang telah dibasahi air dingin.
  2. Beri dia teether yang telah disteril (direndam di dalam air panas beberapa saat). Lalu, masukkan teether ke dalam lemari es. Anda juga bisa menggunakan handuk bersih yang dibasahi air matang lalu masukkan ke dalam lemari es. Jika sudah ada gigi, jangan gunakan teether yang berisi cairan karena akan pecah jika digigit.
  3. Berikan finger food yang sudah didinginkan sebentar di dalam kulkas. Misalnya, potongan timun, wortel, labu siam, brokoli yang dikukus atau semangka. Sebaiknya, hindari merebus karena vitaminnya akan hilang larut dalam air.
  4. Beri biskuit agak keras untuk “mengobati” rasa gatal pada gusinya.
  5. Oleskan gles atau obat pengurang rasa sakit pada gusi lainnya, sesuai anjuran dokter gigi anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *