Batuk TBC pada anak

Virus TBC dapat menular melalui udara atau percikan dahak, pada anak-anak memang sangat rentan untuk tertular penyakit TBC jika orang dewasa yang berada di sekitar mereka telah terinfeksi virus TBC. Gejala TBC pada anak memang sulit untuk diketahui, tidak semua gejala umum mengenai TBC yang ditunjukkan oleh anak menyatakan bahwa anak positif terkena penyakit TBC, hal inilah yang menyebabkan banyak anak-anak yang terserang virus TBC terlambat untuk ditangani.

Berikut ini ada beberapa gejala umum batuk TBC pada anak : 

  • Berat badan terus turun selama 3 bulan berturut-turut tanpa ada penyebab yang jelas, dan tidak naik dalam 1 bulan meskipun sudah mendapatkan penanganan gizi yang baik (failure to thrive)
  • Nafsu makan menurun
  • Mengalami demam tinggi tanpa sebab yang jelas, lalu sembuh kemudian demam lagi dan sembuh lagi selama beruang-ulang dalam jangka waktu yang relatif lama.
  • Perkembangan dan pertumbuhan anak terhambat atau bahkan tidak menunjukkan perkembangan.
  • Pembesaran kelenjar limfe dibawah kulit yang tidak sakit, biasanya paling sering tumbuh didaerah leher, ketiak dan lipatan paha (inguinal).
  • Multi L (lemah, letih, lesu, lelah, lemas letoy, loyo, lambat)
  • Batuk lama atau berulang, tetapi tidak berdahak (tapi seringkali ini merupakan gejala asma)
  • Diare berulang
Batuk TBC pada anak

Batuk TBC pada anak

Gejala TBC di atas merupakan gejala khas yang biasa terjadi pada penderita TBC. Namun tidak bisa dijadikan patokan, sebab gejala yang sama kadang mengindikasikan penyakit lain.

Diagnosis TBC pada anak tidak bisa dilakukan dengan uji dahak (sputum test), karena memang jarang pasien TBC anak mengalami batuk berdahak. Selain itu, foto rontgen pada anak juga tidak bisa memberikan diagnosa yang tepat. Maka diperlukan uji Tuberkulin atau uji Mantoux.

Pengobatan Penyakit Flek Pada Anak

  • Pada anak yang mengalami gejala tersebut biasanya dilakukan salah satu tes, yakni tes Mantoux  untuk mendiagnosis TB.
  • Bila setelah tes dilakukan dan hasilnya mengindikasikan telah positif terjangkit kuman TB dan menderita tuberkulosis, maka langkah selanjutnya yang harus diambil adalah memberikan serangkaian tes pada sang anak. Rontgen merupakan salah satu dari serangkaian tes tersebut. Rontgen bertujuan untuk memeriksa keadaan paru apakah terdapat bercak putih. Tes darah juga merupakan tes lainnya yang perlu dijalani penderita apabila hasil dari pengujian Mantoux mengindikasikan positif terjangkit kuman TB.

Uji Tuberkulin atau Uji Mantoux dilakukan dengan menyuntikkan tuberkulin PPD intrakutan di volar lengan bawah. Reaksi obat dapat dilihat 48 sampai 72 jam setelah penyuntikan. Uji Tuberkulin positif menunjukkan adanya infeksi TBC. Bahkan jika hasilnya adalah negatif, dokter harus tetap waspada karena bisa saja itu merupakan tanda negatif palsu yang disebabkan karena kondisi tubuh anak sangat buruk.

Pengobatan penyakit flek paru-paru pada anak berbeda dengan pengobatan orang dewasa. Umumnya dokter akan memberikan obat yang harus dikonsumsi selama 6 bulan , dan bisa ditambah lagi selama 3 bulan untuk mencegah kambuhnya penyakit. Pengobatan flek paru-paru ini harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh terhenti sebelum waktu yang seudah ditentukan oleh dokter. Karena jika pengobatan terhenti maka bakteri dapat menyerang lagi dan menjadi kebal terhadap obat.

Selain dengan obat-obatan dokter, Anda juga dapat menggunakan obat-obatan herbal sebagai cara penyembuhan flek anak yang lebih aman. Berikanlah Obat herbal flek pada anak yang berkhasiat meningkatkan kekebalan atau antibodi tubuh anak, menambah nafsu makan anak, mengurangi ataupun menghilangkan gejala-gejala penyakit serta dapat mempercepat proses penyembuhan ataupun menumpas bakteri secara tuntas sehingga flek paru-paru tidak kambuh lagi.

Untuk meminimalisir penularan kuman TB pada anak

  • Terapkan gaya hidup sehat dengan berikan zat-zat kekebalan tubuh sejak lahir seperti ASI dan hindari kontak fisik dengan penderita TB yang masih terinfeksi aktif.
  • Selain itu, beri nutrisi dengan gizi makanan yang seimbang,
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan rumah dan lingkungan
  • Tanyakan ke dokter untuk pemberian imunisasi BCG agar bayi memiliki imun (pertahanan) terhadap serangan bakteri TB.

Yang perlu diperhatikan bagi para orang tua yang anaknya telah mengidap flek paru ataupun positif TB, tidak perlu khawatir terlalu berlebihan. TB bisa disembuhkan secara tuntas apabila penderita mengikuti anjuran dokter untuk hidup sehat dengan minum obat secara teratur dan rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Orang tua juga harus waspada dan memberikan perhatian ekstra agar penderita rutin meminum obatnya. Jika tidak, pengobatan bisa gagal dan perlu diulang.

Untuk kondisi tubuh anak yang semakin kurus dengan perut yang membuncit, ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti adanya penyakit lain yang menyertai sebelumnya, malnutrisi (gangguan gizi sejak lahir), atau penyakit TB sudah mengenai organ lain (hati). Untuk memastikan kondisi anak tersebut, periksakan ke dokter paru-paru agar dapat dinilai apakah pengobatan yang telah diberikan berjalan baik atau ada indikasi penyakit lain yang menyertai.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *