Bahaya Kunyit Putih Untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Kunyit putih tidak seperti dengan kunyit kuning yang biasa ditemui, karena memang agak jarang tanaman ini dijadikan untuk bumbu memasak. Kunyit putih merupakan sejenis umbi yang berbuah tahunan, dengan rimpang bulat dan berwarna putih hampir seperti kencur.

Perlu diingat yaa!! walaupun rimpang yang satu ini memiliki khasiat, namun bukan berarti rimpang yang satu ini bebas dari efek negative. Rimpang yang menawan ini memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan jika tidak manfaatkan secara benar, tepat, sesuai dosis atau takaran dan dalam pemakaiannya.  Walaupun memiliki khasiat bagi kesehatan namun, bukan berarti kunyit putih dapat dikonsumsi oleh semua orang untuk dijadikan obat. apalagi jika seseorang yang memiliki riwayat kesehatan tertentu, harus berhati-hati dalam mengkonsumsi tanaman herbal yang satu ini.

Kunyit putih tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena kandungan yang terdapat pada tanaman herbal yang satu ini dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan. Sama halnya dengan wanita yang sedang mengalami haid atau menskulasi untuk menghindari agar tidak mengkonsumsi rimpang yang satu ini. Tapi jika tetap ingin mengkonsumsi rimpang putih ini terlebih dulu harus memperhatikan dosis atau takaran yang telah dianjurkan oleh badan kesehatan. Jangan sampai niat ingin mengobati malah menambah penyakit baru atau menyiksa diri.

Bahaya Kunyit Putih Untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Bahaya Kunyit Putih Untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Bahaya Kunyit Putih Untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Memang kunyit bermanfaat untuk kesehatan setiap manusia, karena adanya ekstrak curcuma pada kunyit ini yang membuat kunyit memiliki berbagai macam manfaat. Tapi bagaimna jika dikonsumsi untuk ibu hamil ? Berikut ini bahaya kunyit untuk ibu hamil :

  • Lambung Terganggu

Gangguan lain pada ibu yang hamil ketika mengkonsumsi kunyit adalah gangguan pada lambung, karena pencernaan pada ibu hamil akan terganggu dengan hadirya kunyit ini. Gangguan yang diakibatkan karena gangguan lambung adalah membuat anak atau janin menjaadi tidak tenang sesaat ia berada dalam kandungan sehingga tidak dapat maksimal dalam pertumbuhannya.

  • Menyebabkan Asma Pada Bayi

Hal ini disebabkan ketika adanya benda atau kandungan yang mengaggu kesehatan pencernaan ibu, kesehatan pencernaan ibu yang terganggu akan membuat bayi kesulitan untuk mendapatkan asupan makanan sehingga membuat bayi tidak dapat mengembangkan dirinya terutama pada organ organ produksi dan lainnya.

  • Pendarahan

Pada saat ibu hamil yang harus dihindari adalah pendarahan karena sejatinya pendarahan akan membuat ibu yang sedang hamil ini kehilangan bayinya atau disebut dengan keguguran. Hal ini adalah efek dari kunyit, Karena kunyit menekan bagian dalam sehingga membuat pendarahan menjadi keluar dan jika ibu sudah mengalami pendarahan besar kemungkinan anak menjadi kehilangan tempat untuk berlindung dan menyebabkan keguguran

  • Gangguan Pencernaan

Pencernaan pada ibu yang terganggu akan membuat ibu cemas dan tidak tenang, kecemasan ibu dan ketidak tenangn ibu ini akan mempengharusi psikologis anak pada kandungan, dengan demikian anak dalam kandunagan akhirnya akan berkontraksi selalu sehingga membuat ibu akan lebih merasakan nyeri dan sakit

  • Alergi

Hal yang lain yang didapatkan ketika mengkonsumsi kunyit pada saat kehamilan adalah alergi, bahkan tidak hanya alergi pada ibu saja, tetapi juga dapat menyababkan alergi pada janin yang anda kandung, ada kalanya janin yang anda kandung itu tidak menginginkan atau tidak cocok dengan kandungan pada kunyit sehingga ia akan mengalami alergi di masa janinnya, atau kalau tidak ia akan mudah mendapatkan alergi ketika sudah lahir.

  • Rahim Kering

Banyak orang yang berkata bahwa kunyit akan membuat rahim menjadi kering, tentunya hal ini akan berbahaya pada ibu yang sedang hamil, karena Rahim yang kering tentu tidak akan dapat digunakan untuk membentuk janin menjadi bayi yang sempurna akibatnya akan menyebabkan bayi lahir cacat atau akibat akibat lainnya.

  • Nafsu Makan Berkurang

Yang paling berbahaya adalah nafsu makan ibu berkurang, jika nafsu makan pada ibu berkurang bagaimana anak akan mendapatkan asupan gizi yang cukup. Untuk itu jangan sampai anda yang sedang hamil tidak nafsu makan, seharusnya anda bisa mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya, karena anda juga harus menanggung jabang bayi yagn ada di perut anda itu

Itulah bahaya kunyit putih untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu meski bagus untuk kesehatan sebaiknya ibu hamil jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *