ANAK

Anak Lebih Suka Minum Susu Daripada Makan Nasi. Boleh Dibiarkan ?

Anak Lebih Suka Minum Susu Daripada Makan Nasi

Susah makan sepertinya hal yang paling disukai anak – anak, makan adalah rutinitas yang membosankan buat anak terutama yang sudah aktif – aktifnya.

Susu memang salah satu makanan pokok anak, dan hampir semua anak – anak setiap harinya minum susu. Memang susu mempunyai nilai gizi yang baik. Dengan mengkonsumsi susu, maka gizi untuk pertumbuhan anak akan dianggap lebih baik dibandingkan dengan anak malas minum susu. Namun hal seperti ini juga berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Biasanya untuk anak yang konsumsi susunya cukup kuat, Jika disuruh makan banyak yang tidak mau, karena anak sudah terbiasa dengan rasa susunya dari pada nasinya.

Fenomena anak sulit makan dan hanya mau minum susu adalah problem klasik yang sejak lama belum terungkap secara benar. Keadaan seperti ini menimbulkan berbagai opini dan spekulasi, baik oleh klinisi dan orang tua yang tidak sepenuhnya benar. Meski pada umumnya usia setelah 3-5 tahun anak akan dapat mulai makan, bila dicari penyebabnya biasanya keluhan tersebut dapat membaik sebelum usia tersebut. Pada umumnya gangguan tersebut disebabkan karena gangguan oral motor yang sering terjadi pada penderita sensitif saluran cerna terutama dengan keluhan muntah dan mual. Keadaan anak yang hanya mau susu saja dan tidak mau makan khususnya nasi, daging sayur atau buah harus diamati secara teliti dan cermat.

Anak Lebih Suka Minum Susu Daripada Makan Nasi
Anak Lebih Suka Minum Susu Daripada Makan Nasi

Pengalaman klinis di Picky Eaters Clinic Jakarta didapatkan sekitar 30% anak yang mengalami gangguan proses makan di mulut atau gangguan oral motor. Gangguan oral motor atau pergerakan motorik mulut ini akan mengakibatkan gangguan mengunyah dan menelan. Tampilan klinis yang terjadi adalah mengalami kesulitan dalam makan bahan makanan yang berserat atau bertekstur kasar seperti sayur atau daging sapi (empal).

Analisa kejadian ini berkembang bahwa apakah anak memang “tidak mau” makan sayur atau memang “tidak bisa” makan sayur. Pada umumnya, orang tua penderita kadang tidak khawatir karena berat badan anak tetap baik, anak lincah dan tetap pintar. Pada sebagian besar kasus, anak tidak mengalami gangguan kenaikan berat badan karena asupan makanan yang tidak bisa masuk diganti dengan susu. Anak tidak mengalami gangguan berat badan karena minum susunya sangat banyak. Namun pada sebagian kasus lainnya, berat badan anak tidak baik bila selain sulit makan susu juga tidak mau.

Tumbuh dan kembang anak yang optimal tergantung  beberapa hal, di antaranya adalah pemberian nutrisi dengan kualitas dan kuantitas sesuai  kebutuhan. Dalam masa tumbuh kembang, pemberian nutrisi atau asupan makanan pada anak tidak selalu dapat dilaksanakan dengan sempurna.

Berikut ini beberapa tips dari Jansen Ongko, Msc, RD, selaku konsultan gizi yang bisa Anda terapkan untuk si kecil.

1. Porsi kecil tapi sering
2. Libatkan anak
3. Variasi makanan
4. Alat makan menarik
5. Suasana nyaman
6. Kontrol pemberian susu

Di usia balita, tentu Anda perlu mengontrol pemberian susu di antara jam makan. Karena jika Anda memberikan susu sebelum jam makan hal ini akan membuat perut anak kenyang sehingga menolak makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *