IBU HAMIL & JANIN

Adakah manfaat kacang hijau bagi ibu hamil?

Kacang hijau biasanya sering diolah menjadi puding ataupun bubur. Kacang hijau memiliki protein nabati yang sangat tinggi. Bukan hanya itu, kacang hijau ini juga merupakan sumber mineral yang sangat cukup penting bagi tubuh. Maka tidak salah jika ahli gizi menyarankan para balita mengkonsumsi kacang hijau, karena nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau baik bagi pertumbuhan balita. Lalu Adakah manfaat kacang hijau bagi ibu hamil ?

Nutrisi penting untuk ibu hamil yang terdapat dalam kacang hijau

Kacang hijau juga salah satu sumber mineral yang penting, diantaranya : kalsium juga fosfor yang diperlukan bagi tubuh. Sementara itu kandungan lemak dari kacang hijau terdiri dari 23% asam lemak jenuh dan sisanya 73% nya asam lemak tak jenuh. Sehingga kacang hijau aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja termasuk yang memiliki berat badan berlebih dan ibu hamil.

Kandungan Jumlah/100 gram
Protein 7 gram
Serat 7,6 gram
Karbohidrat 19 gram
Omega-3 0,9 mg
Omega -6 119 mg
Asam folat 159 µg
Thiamin 0,2 mg
Phosphorus 99 mg
Potassium, 266 mg
Magnesium 0,3 mg
Manganese 48 mg
Kalsium 27 mg
 Zat Besi 1,4 mg
Zinc 0,8 mg
Fitosterol 15 mg
Vitamin A 157 IU
Vitamin B1 0,72 mg
Vitamin B2 0,45 mg
Vitamin C 3,0 mg

Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

manfaat kacang hijau bagi ibu hamil
manfaat kacang hijau bagi ibu hamil
  1. Membuat Janin Cerdas Sejak dalam Kandungan

Kacang hijau tergolong memiliki kandungan asam folat cukup banyak. Kandungan ini sangat membantu perkembangan otak dan syaraf janin, serta membantu mencegah bayi Anda dari cacat tabung syaraf. Jika Anda ingin memiliki bayi cerdas, konsumsilah bubur kacang hijau secara teratur sebagai sarapan mulai dari awal trimester kehamilan.

  1. Membantu Pertumbuhan Rambut Janin

Kacang hijau mengandung protein yang dapat membantu menambah volume rambut bayi bahkan sejak dalam kandungan. Kandungan protein yang sebanyak 24% itu juga mampu membantu penyerapan asam folat pada tubuh Anda.

  1. Mencegah Mual dan Mengatasi Morning Sickness

Sama seperti pisang, kacang hijau rupanya juga mengandung vitamin B1 dan B2, vitamin yang diperlukan selama kehamilan awal untuk mencegah mual dan mengatasi morning sickness. Jika Anda mengalami kelesuan di 3 bulan pertama kehamilan, jadikan penganan ini sebagai menu sarapan wajib Anda.

  1. Sumber Karbohidrat yang Baik untuk Diet

Ibu hamil yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau diabetes biasanya dianjurkan untuk mengurangi konsumsi nasi hariannya. Untuk menggantikan kekurangan karbohidratnya, Adapun dari banyak jenis makanan pengganti nasi, kacang hijau adalah salah satu di antaranya. Kacang hijau memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cenderung aman untuk ibu hamil, kandungan gulanya juga cukup rendah, oleh karena itu ia aman bagi kehamilan risiko tinggi. Karbohidrat dari kacang hijau umumnya juga lebih antep di perut. Itulah sebabnya mengapa jika setelah mengkonsumsi kacang satu ini, kita akan lebih lama merasa kenyang.

  1. Mencegah Masalah Tulang di Kemudian Hari

Selama kehamilan, janin membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Adapun jika sang ibu tidak mampu menyediakan nutrisi ini bagi si janin melalui konsumsi makanan yang mengandung kalsium, si janin akan mengambil zat tersebut langsung dari tulang dan gigi ibunya. Inilah yang menyebabkan wanita biasanya akan lebih cepat terserang osteoporosis dibanding para pria. Oleh karena itu, cukupilah asupan kalsium selama kehamilan. Salah satunya dengan mengkonsumsi kacang hijau.

  1. Mencegah Konstipasi atau Susah Buang Air Besar

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk mencegah konstipasi. Seperti diketahui bersama bahwa ibu hamil akan sering mengalami masalah susah buang air besar karena pengaruh hormon kehamilan pada sistem pencernaannya. Padahal konstipasi merupakan masalah serius yang harus segera diatasi karena sangat berpengaruh pada terjadinya kontraksi rahim. Mencukupi kebutuhan serat harian adalah salah satu tips mencegah konstipasi pada ibu hamil. Oleh karena itu, mengkonsumsi kacang hijau yang notabene sangat kaya akan serat alami tentu akan sangat membantu bukan?

Selain  sangat bermanfaat bagi kesehatan, kacang hijau juga dapat mencegah berbagai macam penyakit. Kacang hijau pun sangat bagus untuk ibu yang sedang hamil. Kacang hijau memiliki kandungan Asan Folat yang sangat penting bagi ibu hamil. Sejak pertama memasuki masa kehamilan ataupun sebelum menginjak masa kehamilan kacang hijau sudah dapat dikonsumsi. Kandungan asam folat yang ada dalam kacang hijau sangat baik untuk perkembangan saraf bayi pada masa kehamilan. Kacang hijau ini memiliki manfaat yang dapat mengurangi resiko terjadinya kelainan jantung pada bayi, bibir sumbing, dan kecacatan lainnya. Selain dari itu asam folat berguna untuk meningkatkan kecerdasan pada bayi.

Jadi, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil supaya terhindar dari penyakit dan membuat tubuh menjadi sehat. Nah, ibu, itulah pembahasan terkait manfaat kacang hijau bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *